PENERAPAN MEDIA ULTA QASYAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
Imro’atun Nafi’ah
SMPN 3 Yosowilangun, Kecamatan
Yosowilangun, Kabupaten Lumajang
Pendidikan
Agama Islam memiliki peranan penting
dalam mempersiapkan generasi tangguh masa depan bangsa, khalifah di muka bumi
dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.
Sebagaimana yang tercantum dalam Quran Surat Adz Dzariyat ayat 56 yang
artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin
dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku”. Dalam kenyataan yang
terjadi, peserta didik kurang berminat terhadap Pendidikan Agama Islam
dikarenakan persepsi peserta didik terhadap PAI adalah pelajaran ceramah yang
membosankan dan kemampuan baca Al Quran peserta didik yang rendah sehingga
malas mengikuti Pendidikan Agama Islam. Merencanakan
pembelajaran yang menarik sekaligus bermutu sangat diperlukan Pendidikan Agama
Islam. Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran yang salah satunya adalah
penciptaan media. Media “ULTA QASYAM”
adalah sebuah media pembelajaran yang
menggunakan prinsip permainan ular
tangga yang peserta didik mampu memainkannya. Metode penelitian yang digunakan
adalah Best Practice. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan pada
saat pembelajaran peserta didik termotivasi untuk belajar hal ini ditunjukkan
dengan keingintahuan tentang media yang disediakan, peserta didik ingin segera
mencoba bermain, tidak mau berhenti saat bermain. Dari hasil perolehan nilai lembar kerja
masing-masing peserta didik juga dapat dilihat bahwa peserta didik memahami dan
mampu membedakan hukum bacaan Alif Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah. Sehingga
media “ULTA QASYAM” bisa dijadikan
salah satu media pembelajaran yang meningkatkan motivasi dalam Pendidikan Agama Islam.
Hebat, bisa diikutkan inobel nasional
BalasHapustrimakasih pak, masih butuh banyak belajar
BalasHapusSangat inovatif 👍
BalasHapus