Selasa, 21 Mei 2019

INOVASI PEMBELAJARAN




PENERAPAN MEDIA ULTA QASYAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Imro’atun Nafi’ah
SMPN 3 Yosowilangun, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang

imroatun spenyoga media

Pendidikan Agama Islam  memiliki peranan penting dalam mempersiapkan generasi tangguh masa depan bangsa, khalifah di muka bumi dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.  Sebagaimana yang tercantum dalam Quran Surat Adz Dzariyat ayat 56 yang artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku”. Dalam kenyataan yang terjadi, peserta didik kurang berminat terhadap Pendidikan Agama Islam dikarenakan persepsi peserta didik terhadap PAI adalah pelajaran ceramah yang membosankan dan kemampuan baca Al Quran peserta didik yang rendah sehingga malas mengikuti Pendidikan Agama Islam.  Merencanakan pembelajaran yang menarik sekaligus bermutu sangat diperlukan Pendidikan Agama Islam. Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran yang salah satunya adalah penciptaan media. Media “ULTA QASYAM” adalah  sebuah media pembelajaran yang menggunakan  prinsip permainan ular tangga yang peserta didik mampu memainkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Best Practice. Berdasarkan  observasi dan wawancara yang dilakukan pada saat pembelajaran peserta didik termotivasi untuk belajar hal ini ditunjukkan dengan keingintahuan tentang media yang disediakan, peserta didik ingin segera mencoba bermain, tidak mau berhenti saat bermain.  Dari hasil perolehan nilai lembar kerja masing-masing peserta didik juga dapat dilihat bahwa peserta didik memahami dan mampu membedakan hukum bacaan Alif Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah. Sehingga media “ULTA QASYAM” bisa dijadikan salah satu media pembelajaran yang meningkatkan motivasi dalam  Pendidikan Agama Islam.

3 komentar:

Beri Komentar Ya...